Jumat, 04 Juni 2010

Ini sebenarnya artikel yang besok mau saya persentasikan....hhehehehe (saya kan baik hati orangnya, mana tau aj kawan" senasib sama saya dapat bagian Teknik Multiplexing dari dosen..hohohoh) langsung aja ya kawan.

Teknik multiplexing

ada beberapa cara yaitu:

1. Multiplexing dengan cara menata tiap informasi (suara percakapan 1 pelanggan) sedemikian rupa sehingga menempati satu alokasi frekuensi selebar sekitar 4 kHz. Teknik ini dinamakan Frequency Division Multiplexing (FDM). Teknologi ini digunakan di Indonesia hingga tahun 90-an pada jaringan telepon analog dan sistem satelit analog sebelum digantikan dengan teknologi digital. Pada tahun 2000-an ini, ide dasar FDM digunakan dalam teknologi saluran pelanggan digital yang dikenal dengan modem ADSL (asymetric digital subscriber loop).

2. Multiplexing dengan cara tiap pelanggan menggunakan saluran secara bergantian. Teknik ini dinamakan Time Division Multiplexing (TDM). Tiap pelanggan diberi jatah waktu (time slot) tertentu sedemikian rupa sehingga semua informasi percakapan bisa dikirim melalui satu saluran secara bersama-sama tanpa disadari oleh pelanggan bahwa mereka sebenarnya bergantian menggunakan saluran. Kenapa si pelanggan tidak merasakan pergantian itu? Karena pergantiannya terjadi setiap 125 microsecond. berapapun jumlah pelanggan atau informasi yang ingin di-multiplex, setiap pelanggan akan mendapatkan giliran setiap 125 microsecond, hanya jatah waktunya semakin cepat.

3. Teknik multiplexing yang ketiga adalah yang digunakan dalam saluran kabel optik yang disebut Wavelength Division Multiplexing (WDM), yaitu satu kabel optik dipakai untuk menyalurkan lebih dari satu sumber sinar dimana satu sinar dengan lamda tertentu mewakili satu sumber informasi.

4. Teknik multiplexing yang keempat adalah Statistical time-division multiplexing (STDM). Pemilihan FDM, TDM dan STDM ditentukan oleh :
  • kapasitas kanal,
  • harga peralatan
  • konfigurasinya.

Silahkan download lengkap modul ini klik disini

0 comments:

Posting Komentar

Bebas, Sopan, No Sara. :)