Selasa, 02 Desember 2014

Arsitektur Komputer (Pendahuluan)

Ok, sebelum memasuki apa pengertian dari arsitektur komputer itu sendiri, mari kita uraikan pengertian apa itu arsitektur dan apa pula pengertian komputer sendiri.

apakah yang dimaksud dengan arsitektur?
Arsitektur adalah seni yang di lakukan setiap individual untuk berimajinasi dengan diri mereka untuk menghasilkan suatu objek atau bangunan.

dan apakah yang dimaksud dengan komputer?
Komputer adalah Alat untuk menghitung atau mengelolah suatu data menurut prosedur yang sudah di rumuskan.

Arsitektur komputer adalah berkaitan dengan atribut – atribut yang mempunyai dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.
(seperangkat instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan bermacam – macam tipe data ( angka, karakter, mekanisme I/O, dan teknik pengalamatan memori ))

Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.


mengapa kita perlu tahu tentang arsitektur komputer ini? 


  • seseorang sarjana bisa menentukan komputer yang efektif dalam perusahaan besar.


  • banyak processor tidak digunakan dalam PC atau server tetapi sudah berada dalam sistem. Seorang perancang mungkin memprogram sebuah processor dalam bahasa C, untuk sistem tertentu penggunaan analisis logika dapat memberikan pemahaman dari sistem yang dirancang



  • konsep – konsep yang dibahas dalam arsitektur komputer adalah menemukan aplikasi, secara khusus, cara dimana komputer menyediakan dukungan arsitektural untuk fasilitas bahasa pemrograman dan sistem operasi yang memperkuat konsep – konsepnya.

0 comments:

Posting Komentar

Bebas, Sopan, No Sara. :)