Selasa, 23 Desember 2014

Sebelum memulai latihan menggunakan script PHP, ada beberapa tools yang perlu kamu persiapkan yaitu :
  1. Teks editor seperti notepad++, ultra edit, PHP coder, sublime text atau dreamweaver.
  2. Database server seperti wamp atau xamp. (kalau saya milih wamp. kenapa? saya suka huruf W hahahahaha...ini bebas ya, sesuai dengan keyakinan masing masing :D)
ok. sekarang kita anggap saja anda disini menggunakan wamp untuk web servernya dan teks editor yang anda gunakan notepad++.

Instalasi wamp bisa anda cari di google (saya capek screenshoot2nya..hehehe. pada dasarnya instalasi wamp ngk rumit. tinggal next next tanpa baca EULA yang di keluarkan. wkwkwkwk).
sesudah anda install wamp dengan benar, nah coba anda jalankan web server. ingat web server anda (wamp) harus keadaan aktif. cara menjalankannya klik icon wamp dan pilih strart all service. Jika sudah anda lakukan, mari kita tes di web browser anda dengan cara tulis di address dengan localhost atau juga 127.0.0.1 jika anda berhasil akan menampilkan gambar seperti berikut.

wamp
wamp server berhasil berjalan dengan baik

Bagaimana itu bisa berjalan? Sebenarnya website yang muncul di jendela browser anda berada di C:\wamp\www . sehinnga kalau anda membuat suatu file yang nantinya akan di eksekusi maka haruslah di simpan di dalam folder tersebut. Sebenarnya anda juga bisa memindahkan folder web ke lokasi yang lain dengan syarat konfigurasi dulu apache yang ada di file httpd.conf.

 Untuk menjalankan suatu file php yang ada dalam folder C:\wamp\www adalah dengan menulis alamat file yang telah anda buat seperti http://localhost/namafile.php (jalankan di browser anda). atau jika anda mempunyai folder di dalam folder(subfolder) www bisa saja, tinggal anda sesuaikan aja alamat linknya contoh http://localhost/newfolder/namafile.php.

ok. sekarang kita coba latihan. sekarang buka teks editor kamu dan coba ketik script di bawah ini lalu simpan dengan nama coba1.php

<html>
<head>
<title>coba deret angka menggunakan php</title>
</head>
<body>
<?php
         for($i=1;$i<=1000;$i++)
echo "$i<br>";
?>
</body>

</html>


sekarang coba anda eksekusi dan jalankan di browser anda. kita umpamakan anda menyimpannya di C:\wamp\www\coba1.php berarti anda cukup ketik di alamt browser dengan localhost/coba1.php

jika berhasil anda mendapatkan hasil seperti di bawah gambar di bawah ini.


contoh ketika berhasil di eksekusi coba1.php

0 comments:

Posting Komentar

Bebas, Sopan, No Sara. :)