Rabu, 25 Februari 2015




#teknik #trace #CD6 Ok saya coba akan membantu anda membuat kartun menggunakan corel draw disini saya memakai corel draw X6. Bedanya apa? sebenarnya dari segi fungsi, mau corel berapa pun tidak ada bedanya asalkan anda tau memakai tools tools yang ada. 

   Membuat kartun menggunakan coreldraw ini untuk tingkat menengah lanjut ya. jadi yang belum sama sekali memakai software coreldraw, mending anda belajar bermain tools tools yang ada dulu, seperti bermain combinasi garis, teknik layer, warna, shading dll. hehehe. silahkan googling sendiri ya. :D

   Kita mulai, membuat kartun seperti gambar di atas, persiapkan objek foto yang ingin anda jadikan kartun. bebas lah foto siapa juga, mau pacar, teman, abang, kakak, adik, mama, papa, mertua, calon, bahkan secret admire ente. hahahahaha

   langkah selanjutnya, buat shape shape atau objek untuk wajah, mata, hidung, mulut beserta rambut dan badan mengikuti foto yang anda import kan ke canvas/layer kerja anda menggunakan tools bezier tools , sesuaikan lekukan dengan tools convert to curve. ingat. bikin cuma semuanya masing-masing 1 objek. supaya memudahkan kita mengatur posisi dan proses mewarnai nanti.

   Kebanyakan mereka yang membuat kartun atau teknik trace gambar ini suka salah ketika mencoba mengambarkan sebuah mata. salah sedikit saja, bisa merubah karakteristik wajah asli si objek foto. 

  teknik membuat mata itu sendiri terdiri dari 3 bagian yang nantinya anda bisa group kan yaitu bagian mata (retina, kornea), alis mata, eyeliner mata. sesuaikan 3 bagian itu dengan objek/gambar anda yang mau di jadikan kartun dan juga perhatikan pencahayaannya. 

  Ketika membuat mata anda sudah berhasil, lanjutkan bikin hal lainnya seperti alis dan hidung. mebuat hidung juga butuh ketelitian dan imajinasi anda. Mainkan imajinasi anda serta ikuti pola garis di objek/gambar yang hendak mau di jadikan kartun. sekali lagi, perhatikan pencahayaan.

  Dan sekarang kita beralih ke bibir, teknik membuat bibir juga sama, ikuti pola garis dan mainkan imajinasi anda. membuat bibir sama halnya dengan mata. bikinlah beberapa bagian seperti perhatikan bibir bagian luar, garis bibir dan juga mainkan pencahayaan. 

 Sekarang kita bermain ke wajah, sama seperti sebelum sebelumnya, perhatikan lekukan dan sekali lagi saya tekankan MAINKAN IMAJINASI ANDA. :D

 Jika semua sudah anda lakukan, mulai lah bermain warna. sesuaikan warna yang ingin anda aplikasikan baik itu CYMK ataupun RGB. bedanya apa? gini saya ulas sedikit apa bedanya 

RGB adalah singkatan dari Red-Green-Blue, tiga warna dasar yang dijadikan patokan warna secara universal (primary colors). Dengan basis RGB, kita bisa mengubah warna ke dalam kode-kode angka sehingga warna tersebut akan tampil universal. CMYK merupakan standar industri cetak saat ini. Singkatan dari Cyan ? Magenta - Yellow, dan K mewakili warna hitam. CMYK merupakan standar warna berbasis pigment-based, menyesuaikan diri dengan standar industri printing. Sampai saat ini, dunia cetak-mencetak memakai 4 warna dasar dalam membuat warna apa pun.
Warna CMYK adalah warna yang berdasar pada pigmen warna (zat warna) yang umumnya dipakai dalam teknologi pencetakan. Berbeda dengan RGB yang mengabaikan warna hitam, maka dalam CMYK mengabaikan warna putih (karena dianggap warna putih adalah warna bidang cetakan/kertas). Jika anda memeriksa tinta pada printer warna, maka anda akan menjumpai 4 warna tinta yaitu Cyan (biru kehijauan), Magenta (seperti pink tapi lebih tua), Yellow (Kuning) dan Black (Hitam).
singkat saja warna RGB itu sendiri seperti halnya mata manusia dan monitor, di dunia percetakan seperti printer hanya menggunakan CMYK. jadi RGB sendiri mempunya 250 gradasi warna sedangkan CMYK hanya mempunyai 100 gradasi.
pendek kata ada detail warna yang tidak bisa disimulasikan oleh printer (perangkat berbasis CMYK). Salah satu cara untuk mengatasi perbedaan dalam konversi warna dari RGB ke CMYK adalah ‘kalibrasi’. Proses kalibrasi warna adalah proses pencocokan warna agar semua perangkat pemroses citra (image) menggunakan satu patokan yang serupa. Untuk itu di aturlah agar warna pada monitor sebagai perangkat yang jangkauan warnanya paling tinggi hanya menampilkan warna yang bisa di hasilkan oleh printer. Jadi nanti sewaktu kita akan mencetak hasilnya akan ‘mirip’ seperti yang kita liat di monitor. Memang sulit untuk membuat monitor dan printer bener bener sinkron, karena monitor mengacu pada sistem rgb dimana warna dasar yang dipergunakan 3 macam. Sedangkan printer sekarang rata-rata menggunakan cmyk yang 4 warna, malah ada yang menggunakan 6 atau 7 warna dasar. Lagi pula kualitas dan pengaturan brightnes dan contras monitor seringkali kita set manual. Memang ada profil buat kalibrasi tapi tidak mungkin bisa sama 100%.

 Balik lagi memainkan warna dengan objek gambar kita, saya mempunyai jurus menyesuaikan warna dan gradasi yang mengikuti objek/gambar anda yang ingin di jadikan kartun. disini saya menggunakan teknik quick trace yang terdapat di menu bitmap di corel anda. sesudah anda quick trace, silahkan anda sorot semu hasil dari quick trace tersebut dan klik kanan dan pilih ungroup all.

  disini anda dapat memainkan warna apa yang di gunakan serta gradasi apa saja yang di butuhkan. disini anda harus memainkan teknik pallete color. (yang pemula belajar dulu ya. hihihi) :D

  ketika semua selesai, anda bebas memainkan latar belakang yang sesuai dengan objek/gambar anda atau anda bisa mengikuti latar belakang objek/gambar aslinya. 


dan hasil yang saya kerjakan seperti gambar di bawah ini.



ini terdiri dari 6312 objek dalam 1 layer. masih sedikit ini. saya juga masih newbie. :)

jika ada yang mau di tanyakan, silahkan komentar di bawah post atau thread blog ini. :)

oh iya, saran saya gunakan lah foto/gambar/objek dengan pixel yang bagus, semakin tinggi pixelnya semakin enak anda mengikuti garis lekukan wajah dan memain gradasi warna dengan teknik quick trace. :)

love it :)

Thanks ;)

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. wah 6000 objek ;ebih dalam 1 layer masih sedikit, gila....

    BalasHapus

Bebas, Sopan, No Sara. :)