Kamis, 14 Februari 2013


 
   Grafika komputer dapat diartikan sebagai perangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan animasi komputer.



Sejarah Grafika Komputer



   Sejarah grafika komputer dimulai sejak zaman dahulu kala yaitu ketika bangsa Mesir, roma dan Yunani berkomunikasi secra grafik. Beberapa lukisan terdpat pada batu nisan orang Mesir dapat dikatakan sebagai lukisan teknik.
Perkembangan grafika komputer secara sederhana dapat dibagi menjadi empat tahap :



a. Grafika komputer interaktif (1950)

  • Tidak begitu cepat karena teknologi, jumlah dan harga komputer tidak mendukung.
  • MIT berhasil mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode (Cathode Ray Tube-CRT).
  • Sudah menggunakan pena cahaya (light pen) yaitu sebuah alat input bentuknya seperti pensil yang digunakan untuk memilih posisi, menunjuk sesuatu dan menggambar pada layar dengan pendeteksian cahaya yang datang dari titik-titik pada layar CRT.
  • Telah ada alat pemrograman otomatis (Automatic Programming Tool)



b. Penelitian/riset grafika komputer interkatif (1960)

  • Grafika interaktif modern telah ditemukan oleh Ivan Sutherland.
  • Mengembangkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya.
  • Sejumlah projek penelitian dan produk Computer Aided Design/Manufacturing (CAD/CAM) telah muncul.
c. Tahun 1970
   Grafika komputer interaktif telah digunakan oleh sektor industri, pemerintah dan ilmuawan untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.

d. Tahun 1980-1990
  • Penelitian pada dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomasasian pelbagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modelling).
  • Teknologi hibrid mulai diperkenalkan. Teknologi ini berguna untuk penggabungan objek pejal dengan permukaan.
 
Penggunaan Grafika Komputer

    Grafika komputer telah menunjukkan kemajuan yang pesat dalam pengembangan berbagai aplikasi untuk menghasilkan gambar. Walaupun pada awalnya aplikasi dalam sains dan engineering memerlukan peralatan yang mahal, perkembangan teknologi komputer memberikan kemudahan penggunaan komputer sebagai alat bantu aplikasi grafik komputer interaktif. Pada saat ini grafika komputer digunakan secara rutin dibidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, bisnis, industri, pemerintahan, seni, hiburan, pendidikan, periklanan, dan lain sebagainya.

OpenGL

    OpenGL adalah software (perangkat lunak) interface perangkat keras grafik. Interface ini terdiri dari sekitar 150 command atau perintah yang berbeda yang biasa digunakan untuk menentukan objek dan operasi yang dibutuhkan untuk menghasilkan aplikasi tiga dimensi yang interaktif. OpenGL didesain untuk memperlancar, di implementasikan pada banyak jenis perangkat keras yang berbeda. OpenGL tidak menyediakan command (perintah) untuk menggambarkan model dari objek tiga dimensi, harus dibangun model yang diinginkan dari satu set kecil dari geometri seperti titik, garis, dan poligon. Library yang menyediakan fitur ini tentunya bisa dibuat dengan OpenGL. The OpenGL Utility Library (GLU) menyediakan beberapa fitur modeling, seperti permukaan kuadrik, kurva, dan bentukbentuk lainnya. GLU adalah bagian standar dari setiap implementasi OpenGL. OpenGL memiliki lebih dari 200 fungsi. Fungsi tersebut bisa dikelompokkan menjadi :
  • Fungsi primitif, menentukan elemen yang bisa menghasilkan gambar di layar. Fungsi ini terdiri dari 2 jenis, yaitu primitif geometric seperti polygon (segi banyak) yang bisa dibuat menjadi dua, tiga, atau empat dimensi, dan primitif gambar seperti bitmaps.
  • Fungsi atribut, mengontrol tampilan dari primitif. Fungsi ini menentukan warna,  jenis garis, properti material, sumber cahaya, dan tekstur.
  • Fungsi pandangan, menentukan properti kamera. OpenGL menyediakan sebuah virtual kamera yang bisa diposisikan dan diorientasikan relatif ke obyek yang ditentukan dengan fungsi primitif. Lensa kamera juga bisa dikendalikan sehingga bisa dihasilkan sudut yang lebar dan pandangan telefoto (jarak jauh).
  • Fungsi windowing, fungsi ini mengendalikan windows pada layar dan penggunaan dari mouse dan keyboard.

   Fungsi kontrol, menghidupkan macam-macam fitur OpenGL. Fungsi-fungsi OpenGL dimuat didalam 2 library yang disebut dengan gl dan glu (atau GL dan GLU). Library yang pertama, adalah fungsi utama dari OpenGL, berisi semua fungsi OpenGL yang dibutuhkan sedangkan yang kedua, openGL Utility Llibrary (GLU) memuat fungsi yang ditulis menggunakan fungsi dari library utama dan sangat membantu bagi pengguna. Fungsi utama mempunyai nama yang diawali dengan “gl” seperti “glVertex3f()”, sedangkan fungsi didalam GLU mempunyai nama yang diawali dengan “glu” seperti “gluOrtho2D()”.




referensi : 

0 comments:

Posting Komentar

Bebas, Sopan, No Sara. :)