Grafika
komputer dapat diartikan sebagai perangkat alat yang terdiri dari hardware dan
software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game
komputer, foto dan animasi komputer.
Sejarah
Grafika Komputer
Sejarah
grafika komputer dimulai sejak zaman dahulu kala yaitu ketika bangsa Mesir,
roma dan Yunani berkomunikasi secra grafik. Beberapa lukisan terdpat pada batu
nisan orang Mesir dapat dikatakan sebagai lukisan teknik.
Perkembangan
grafika komputer secara sederhana dapat dibagi menjadi empat tahap :
a. Grafika
komputer interaktif (1950)
- Tidak begitu cepat karena teknologi, jumlah dan harga komputer tidak mendukung.
- MIT berhasil mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode (Cathode Ray Tube-CRT).
- Sudah menggunakan pena cahaya (light pen) yaitu sebuah alat input bentuknya seperti pensil yang digunakan untuk memilih posisi, menunjuk sesuatu dan menggambar pada layar dengan pendeteksian cahaya yang datang dari titik-titik pada layar CRT.
- Telah ada alat pemrograman otomatis (Automatic Programming Tool)
b. Penelitian/riset
grafika komputer interkatif (1960)
- Grafika interaktif modern telah ditemukan oleh Ivan Sutherland.
- Mengembangkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya.
- Sejumlah projek penelitian dan produk Computer Aided Design/Manufacturing (CAD/CAM) telah muncul.
c. Tahun
1970
Grafika komputer
interaktif telah digunakan oleh sektor industri, pemerintah dan ilmuawan untuk
memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.
d. Tahun
1980-1990
- Penelitian pada dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomasasian pelbagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modelling).
- Teknologi hibrid mulai diperkenalkan. Teknologi ini berguna untuk penggabungan objek pejal dengan permukaan.
Penggunaan
Grafika Komputer
Grafika
komputer telah menunjukkan kemajuan yang pesat dalam pengembangan berbagai
aplikasi untuk menghasilkan gambar. Walaupun pada awalnya aplikasi dalam sains
dan engineering memerlukan peralatan yang mahal, perkembangan teknologi
komputer memberikan kemudahan penggunaan komputer sebagai alat bantu aplikasi
grafik komputer interaktif. Pada saat ini grafika komputer digunakan secara
rutin dibidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, bisnis, industri, pemerintahan,
seni, hiburan, pendidikan, periklanan, dan lain sebagainya.
OpenGL
OpenGL adalah software (perangkat
lunak) interface perangkat keras grafik. Interface ini terdiri dari sekitar 150
command atau perintah yang berbeda yang biasa digunakan untuk menentukan objek
dan operasi yang dibutuhkan untuk menghasilkan aplikasi tiga dimensi yang
interaktif. OpenGL didesain untuk memperlancar, di implementasikan pada banyak
jenis perangkat keras yang berbeda. OpenGL tidak menyediakan command (perintah)
untuk menggambarkan model dari objek tiga dimensi, harus dibangun model yang
diinginkan dari satu set kecil dari geometri seperti titik, garis, dan poligon.
Library yang menyediakan fitur ini tentunya bisa dibuat dengan OpenGL. The
OpenGL Utility Library (GLU) menyediakan beberapa fitur modeling, seperti
permukaan kuadrik, kurva, dan bentukbentuk lainnya. GLU adalah bagian standar
dari setiap implementasi OpenGL. OpenGL memiliki lebih dari 200 fungsi. Fungsi
tersebut bisa dikelompokkan menjadi :
- Fungsi primitif, menentukan elemen yang bisa menghasilkan gambar di layar. Fungsi ini terdiri dari 2 jenis, yaitu primitif geometric seperti polygon (segi banyak) yang bisa dibuat menjadi dua, tiga, atau empat dimensi, dan primitif gambar seperti bitmaps.
- Fungsi atribut, mengontrol tampilan dari primitif. Fungsi ini menentukan warna, jenis garis, properti material, sumber cahaya, dan tekstur.
- Fungsi pandangan, menentukan properti kamera. OpenGL menyediakan sebuah virtual kamera yang bisa diposisikan dan diorientasikan relatif ke obyek yang ditentukan dengan fungsi primitif. Lensa kamera juga bisa dikendalikan sehingga bisa dihasilkan sudut yang lebar dan pandangan telefoto (jarak jauh).
- Fungsi windowing, fungsi ini mengendalikan windows pada layar dan penggunaan dari mouse dan keyboard.
0 comments:
Posting Komentar
Bebas, Sopan, No Sara. :)