Selasa, 09 September 2014


#bandung #bersih #sulit? Sulit memang merencanakan sesuatu yang di luar akal kita. seperti halnya dengan Bandung bersih 2015. sulit? iya. tapi bisa? kenapa tidak.

  Walikota Bandung sekarang ini mati matian untuk membenah kota Bandung. baik infrastruktur dan perencanaan tata kota. taman yang semulanya terbengkalai satu per satu sudah mulai di benahi dan di kembalikan fungsi utamanya. 

  Sebenarnya bandung menuju kota bersih 2015 ini bukan hanya program untuk 1 orang tapi untuk kita bersama. Bandung yang di juluki dengan kota kembang seiring waktu mulai tidak enak disebut dengan apa yang di lihat. misalkan sepanjang jalan merdeka yang merupakan jalan protokol bandung saja penuh dengan sampah dan pinggiran badan jalan yang berdebu. apalagi sekitar kampus maranatha ya?. Saya mempunyai seorang kerabat yang tinggal di Kota Medan dan dia mengungkapkan bawasannya Kota Medan lebih bersih di banding dengan kota Bandung. Sebenarnya ini pukulan telak untuk masyarakat Bandung yang terkenal ramah dan patuh. Tapi bagaimana bisa bandung menjadi kota yang kotor di penuhi sampah?. Pengalaman saya di jalan beberapa kali melihat pengendara sepeda motor ataupun mobil yang membuang sampah sembarangan. Kesadaran atau SDM masyarakat itu kurang. Sebenarnya kebiasan anda membuang sampah sembarangan di tempat tempat seperti cafe itu hal yang sedikit wajar walaupun tetap salah. Kenapa? di cafe tempat anda bersantai kemungkinan ada setiap menit petugas yang membersihkan sampah yang anda buang sedangkan di jalan tidak. 

  Mengingat akan hal itu, apakah pekerja kebersihan bandung sudah sesuai banyaknya? apakah sistem pengangkutan sampah dan ketersediaan tempat sampah di Bandung sudah berjalan baik? dan juga ketersediaan lahan TPS yang memadai? hal hal seperti ini kalau sudah terpenuhi, kecil kemungkinan bandung itu kotor. ini juga harus di ikuti kesadaran masyarakat bandung dan PENDATANG.

0 comments:

Posting Komentar

Bebas, Sopan, No Sara. :)